Jenis-Jenis Meeting

meeting

Meeting atau rapat adalah media untuk berkomunikasi dengan cara berkelompok yang bersifat tatap muka yang sering dilaksanakan oleh para perusahaan, organisasi, atau instansi pemerintahan.

Suatu perusahaan tentunya pasti sering melaksanakan rapat guna meningkatkan kerjasama antar karyawan. Namun, ternyata rapat dapat dibedakan menjadi beberapa jenis tergantung pada faktor peninjauannya. Berikut jenis-jenis rapat yang perlu anda ketahui.

  • Menurut tujuannya, dibedakan menjadi 3 jenis yaitu :
  1. Rapat penjelasan

Rapat yang membahas mengenai penjelasan kepada semua anggota. Biasanya pada rapat jenis ini, seorang pemimpin akan memberikan penjelasan yang rinci mengenai pembahasannya kepada seluruh anggota rapat.

2.  Rapat Pemecahan

Rapat yang akan membahas guna mencari solusi pemecahan dari suatu masalah. Biasanya pada rapat ini, peran anggota rapat sangat penting untuk memberikan saran atau pendapat yang nantinya akan disimpulkan secara bersama-sama guna untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi.

3.  Rapat perundingan

Rapat yang tujuannya untuk menghindari adanya suatu perselisihan antara seluruh karyawan.

  • Menurut sifatnya, dibedakan menjadi 4 yaitu :
  1. Rapat resmi

Rapat yang akan membahas masalah-masalah yang sangat penting dan biasanya akan mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan untuk melancarkan jalannya rapat. Anggota rapat akan diberi tahu terlebih dahulu yang biasanya dilengkapi dengan agenda rapat.

2.  Rapat tidak resmi

Rapat yang diadakan tidak berdasarkan perencanaan yang formal atau rapat yang tidak memerlukan persiapan yang spesial. Dan biasanya rapat ini akan membahas hal-hal yang terjadi secara tiba-tiba

3.  Rapat terbuka

Rapat yang bisa diikuti oleh seluruh anggota. Dan biasanya rapat ini tidak membahas sesuatu permasalahan yang bersifat tidak rahasia.

4.  Rapat tertutup

Rapat yang hanya diikuti oleh beberapa anggota saja. Dan biasanya rapat ini membahas sesuatu yang bersifat rahasia.

  • Menurut jangka waktunya, dibedakan menjadi 4 yaitu :

Rapat yang diadakan seminggu sekali dan biasanya akan membahas masalah-masalah yang bersifat rutin.

2.  Rapat bulanan

Rapat yang diadakan sebulan sekali dan biasanya akan membahas masalah-masalah yang terjadi selama sebulan yang lalu.

3.  Rapat semesteran

Rapat yang diadakan setiap enam bulan sekali dan biasanya akan membahas masalah-masalah yang terjadi selama enam bulan yang lalu dan akan membahas program-program yang nantinya akan dijalani untuk enam bula kedepan.

4.  Rapat tahunan

Rapat yang diadakan setiap satu tahun sekali dan biasanya akan membahas progres yang terjadi selama atu tahun terakhir.

  • Menurut frekuensinya, dibedakan menjadi 2 yaitu :
  1. Rapat rutin

Rapat yang sudah ditentukan pelaksanaannya.

2.  Rapat insidentil

Rapat yang tidak terjadwalkan sebelumnya dan biasanya rapat ini akan membahas masalah yang bersifat penting yang harus segera diselesaikan secara bersama-sama.

  • Menurut hubungan dalam organisasi, dibedakan menjadi 2 yaitu :
  1. Rapat vertikal

Rapat yang diikuti oleh pimpinan dan anggota guna memberikan informasi tentang berbagai peraturan dan kebijakan pimpinan atau dalam hal untuk mengambil keputusan. Pada rapat ini biasanya para anggota akan diberikan kesempatan untuk mengeluarkan saran-saran sehingga pimpina dapat memberikan motivasi kepada anggota agar berpikir secara kreatif.

     2.  Rapat horizontal

Rapat yang hanya diikuti oleh karyawan yang memiliki jabatan yang sama. Biasanya rapat ini dilakukan untuk mendapatkan koordinasi dan kerjasama guna menghindari adanya duplikasi pekerjaan dan menghindari ketidak tanggung jawaban dari masing-masing karwayan dalam melaksanakan pekrjaan.

  • Menurut pelaksanaannya, dibedakan menjadi 2 yaitu :
  1. Rapat kerja terpimpin

Rapat yang dimana pimpinan memegang peran utama dalam hal pengambilan keputusan. Biasanya rapat ini dilakukan dalam rangka memberikan penjelasan tentang peraturan atau petunjuk agar dalam pelaksanaannya dapat berlansung dengan serentak dan bersamaan.

     2.  Rapat kerja terbuka

Rapat yang dimana pimpinan tidak memegang peran utama dalam rapat dan memberikan kesempatan bagi para anggota untuk mengeluarkan saran-saran positif. Rapat ini bertujuan untuk mendapatkan sumbangan saran dari seluruh anggota.

Itulah beberapa jenis-jenis meeting yang mungkin bisa anda pilih untuk meningkatkan perusahaan anda agar lebih efektif. Bila anda ingin mencoba sesekali melakukan rapat diluar kantor, anda bisa mencobanya di kantorcerdas.com.

Karena, kami menyediakan layanan jasa penyewaan ruang meeting dengan ditunjang fasilitas yang memadai dan tentu dengan harga yang terjangkau. Anda bisa membooking dengan cara menghubungi nomer layanan kami atau melalui email.

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Rapat 

Bisa juga baca :

Perlengkapan Yang Bisa Menunjang Meeting Lebih Efektif

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *